Cara Membuat Donat Kentang Lembut Dan Mengembang

Anda belum tahu tentang Cara Membuat Donat Kentang Lembut Dan Mengembang? silahkan simak baik baik resep kali ini.

Bukan merupakan hal yang mudah bagi para pemula untuk mendapatkan hasil yang baik. Banyak ekperimen yang sudah dicoba, namun tetap saja berbuah kegagalan.

Mengulang kesalahan yang sering dilakukan oleh banyak orang ketika belajar, dan itu merupakan hal yang sangat wajar. Yang terpenting adalah jangan pantang menyerah, terus mencoba, koresi kesalahan dan jangan bosan untuk mencari ilmu dan bertanya kepada orang yang sudah ahli.


Jika Anda belum pernah membacanya, silahlan baca tips cara membuat donat lembut dan mengembang yang beberapa waktu lalu kami tulis.

Lalu silahlan Anda peraktekan resep kami kali ini. Selain cukup mudah, pembahasan kali ini juga sudah sangat terperinci. Jadi cobalah untuk membacanya dengan seksama.

Untuk itu mari siapkan bahannya dahulu.

Resep Donat Kentang Lembut Dan Mengembang

                                                                                                                                                                                                         
Qty🔽Bahan🔽Ket🔽
✔500 gramTerigu Cakra -
✔100 GramKentang -
✔1 SdmMentega -
✔1/4 SdmRagi Instan -
✔2 SdmSusu Bubuk -
✔2 SdmGula Pasir -
✔1/4 SdtGaram -
✔1 ButirKuning Telur -
✔80 MlAir Matang -
✔1/4 SdmBaking Powder -
✔2 LiterMinyak Goreng -
✔200 gramGula halus -

Cara Membuat Donat Kentang Yang Lembut Dan Mengembang

  1. Kupas dan bersihkan kentang, kemudian rebuslah selama 10 menit. Atau sampai kentang lunak, lalu haluskan.
  2. Campurkan terigu cakra dengan gula pasir dan susu bubuk full cream, sertakan juga ragi instan dan baking powder. Campur adonan hingga menyatu.
  3. Sesudah itu masukkan kuning telur dan juga kentang rebus yang tlah kita haluskan tadi. Aduk hingga tercampur.
  4. Sambil kita aduk, tuangkan air dingin sedikit-sedikit sebanyak 80mL, uleni terus sampai adonan jadi kalis. Jika adonan sudah kalis, kita tidak perlu menambahkan air lagi. Walaupun air masih ada sisa.
  5. Setelah kalis benar, kita Diamkan atau fermentasikan adonan selama lebih kurang 30 menit. Jangan lupa tutup adonan dengan memakai serbet lembab. Tujuannya adalah supaya adonan donat kentang tidak mengering.
  6. Jika Anda dengan tidak sengan mendiamkan adonan lebih dari 30 menit, sebaiknya Anda mengecek terlebih dahulu bau atau aroma adonannya. Apakah adonan berbau SANGIT atau tidak. Jika sudah berbau sangit, akibatnya rasa donat akan menjadi kurang enak.
  7. Idealnya jika kita telah mendiamkan adonan selama 30 menit maka setidaknya adonan mengembang dua kali lipat dari ukuran adonan semula, baru kita kempiskan sembari dicek elstisitas adonan.
  8. Selanjutnya kita bentuk menjadi bentuk donat seperti biasanya, caranya dengan dipipihkan pakai tangan atau rolling pin, yang kemudian kita bentuk bulat. Bisa menggunakan tangan atau jika Anda punya cetakan silahkan dipakai.
  9. Usai kita bentuk, Anda bisa mendiamkan kembali adonan selama 20 menit, jika Anda ingin adonan lebih mengembang lagi.
  10. Jika dirasa sudah cukup, silahlan goreng adonan kue donat dengan api kecil hingga warnanya berubah kuning kecoklatan.
  11. Angkat dan tiriskan sejenak. Silahkan hiasi donat dengan toping selera Anda, namun disini saya pakai gula halus untuk menghiasnya.

Jika ingin mendapatkan hasil yang lebih baik, pilihlah kentang yang bagus kualitasnya. Jangan menggunakan kentang jelek.

Dan Anda harus memastikan bahwa kentang benar-benar halus, jangan sampai ada yang masih utuh atau tidak terhaluskan. Buatlah seperti tim.

Baiklah, silahkan dipraktekan cara membuat donat kentang lembut dan mengembang ini. Semoga berhasil.

0 Response to "Cara Membuat Donat Kentang Lembut Dan Mengembang"

Posting Komentar