Tips Agar Adonan Donat Tidak Lengket, Gagal Mengembang (Bantat)

Tips agar adonan donat tidak lengket, ini merupakan solusi untuk mengatasi adonan donat gagal mengembang (bantat).

Sebetulnya kegagalan dalam proses pembuatan adonan sering kali saya alami ketika masih belajar. Dan saya baru sadar bahwa saya tidak benar-benar dalam melihat dan menulis resep yang di sarankan. Dan hanya mengira-ngira dalam mengukur suatu bahan dalam resep donat tersebut.

Mungkin sebagian dari Anda ada yang melakukan hal sama seperti saya. Itu tidak masalah, Anda sudah ditempat yang benar untuk mengetahui cara mengatasinya. Maka baca dan fahami artikel yang saya tulis khusus untuk para pemula agar tidak mengalami kegagalan kembali. Nah, untuk itu berikut adalah beberapa faktor penyebab adonan donat gagal berserta tipsnya.

Tips Agar Adonan Donat Tidak Lengket, Gagal Mengembang (Bantat)

Penyebab Dan Tips Adonan Donat Gagal

1. Bahan Tidak Sesuai Resep

Sebagai contoh : terigu yang disarankan didalam resep harus memakai terigu yang memiliki protein tinggi namun saya menggunakan terigu dengan kualitas yang biasa. Nah ini akan menjadi penyebab kegagalan dalam membuat adonan. Maka jika Anda mau membuat donat dengan tepung terigu selain bahan yang di anjurkan dalam resep, Anda harus pintar dan mengetahui perbandingan air untuk tepung tersebut. Karena tepung terigu baanyak macamnya.

2. Proses Fermentasi Terlalu Lama

Faktor lain yang membuat adonat donat gagal adalah karena terlalu lama dalam prosses fermentasi atau ketika mendiamkan adonan setelah bahan di campur. Proses fermentasi dalam sebuah adonan memang sangat diperlukan yang akan berguna agat bahan ragi (untuk yang memakai ragi) bekerja dengan baik. Namun, jika proses tersebut terlalu lama, akan menyebabkan adonan lembek dan lengket. Maka jangan sesekali meninggalkan adonan dengan waktu yang cukup lama.

3. Ragi Sudah Tidak Berfungsi

Ini untuk anda yang sering kali membuat donat namun gagal mengembang. Coba Anda periksa lagi ragi yang Anda pakai, sebab ragi juga bisa mati apalagi ragi dengan kemasan shachet yang sudah terbuka.

4. Donat Tidak Matang Sempurna

Selain itu ada kemungkinan gagal bisa terjadi dalam proses tahap akhir yakni penggorengan. Dalam proses menggoreng adonan yang sudah difermentasikan, api jangan terlalu besar namun sebaiknya gunakan api sedang. Ini berfungsi agar bagian luar maupun dalam donat mendapatkan hasil yang bagus, biasanya dibilang matang sempurna.

5. Salah Dalam Cara Menguleni

Menguleni adonan memiliki fungsi untuk membuat gluten yang terkandung dalam bahan adonan berkembang dan juga akan membantu mendistribusikan kandungan gas yang diproduksi ragi secara menyeluruh atau merata sempurna. Hal ini yang menciptakan suatu kondisi yang diperlukan adonan untuk menghasilkan donat berbahan ragi yang memiliki pori dan juga lembut, atau biasanya kita sebut dengan kata lain yaitu lezat.

Silahkan Anda baca tulisan Tips Cara Menguleni Adonan Donat Yang Benar dibawah ini untuk mempelajari bagaimana cara menguleni adonan seperti para ahli pembuat donat atau roti profesional.
Baca Juga :
Ke lima faktor diatas, merupakan penyebab yang sering dilakukan oleh banyak orang terlebih lagi para pemula. Maka dari itu jangan sesekali mengulangi hal-hal diatas, karena ini akan berguna jika Anda ingin untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam membuat kue, roti atau donat.

Saya rasa sudah cukup lengkap. Namun, jika Anda ingin menambahkan Tips Agar Adonan Donat Tidak Lengket, Bantat Atau Gagal Mengembang, silahkan tinggalkan sebuah komentar yang nantinya akan saya masukan kedalam artikel ini. Sekian dan saya ucapkan terima kasih.

0 Response to "Tips Agar Adonan Donat Tidak Lengket, Gagal Mengembang (Bantat)"

Posting Komentar