Tips Cara Membuat Donat Huruf Tanpa Cetakan Dengan Mudah

Cara Membuat Donat Huruf Tanpa Cetakan - Wah, ternyata banyak juga ya yang mencari tips seperti judul diatas. Memang sih, jika kita membeli alat hanya untuk dipakai sesekali saja akan sangat disayangkan. Karena lebih baik kita membeli kebutuhan lainnya yang lebih penting dan sifatnya mendesak atau urgen.

Sebetulnya untuk harga cetakan donat huruf ataupun donat angka, cukup terjangkau. Apalagi jika memang Anda berniat untuk jualan atau membuka usaha sendiri, kan akan sangat membutuhkan alat ini. Jadi tidak akan ribet dalam proses pembuatan.

Tapi jika Anda yang ingin membuat donat Alphabet tanpa cetakan hanya untuk sesekali saja, maka Anda tidak harus membeli alatnya. Anda hanya perlu memahami dan mempelajari tips yang akan saya jabarkan dibawah. Untuk itu langsung saja kita bahas ya. ^_^

Tips Cara Membuat Donat Huruf Tanpa Cetakan Dengan Mudah

Membuat Donat Huruf Tanpa Cetakan

Disini saya anggap Anda semua sudah membuat atau mengetahui bahan adonan donat yang akan dijadikan donat alphabet. Atau Anda bisa membaca cara membuat donat sederhana atau resep donat lainnya. Sialhkan cari sesuai kebutuhan Anda disitus ini. Lalu pelajari tips dibawah.

1. Adonan Harus Kalis.

Kenapa harus kalis benar? Karena ini akan sangat membantu kita dalam proses pembuatan atau membentuk donat huruf. Maka dari itu saya sarankan, buat donat yang melalui proses ulen, sebab ada juga cara membuat donat tanpa diuleni. Tujuannya agar nanti tidak lengket ketika dibentuk dan akan mudah diatur.

2. Sesuaikan Ketebalan Adonan

Disaat kita mengempiskan adonan, cobalah untuk mengukur atau bisa dikira-kira saja. Jangan terlalu tebal, sebab donat alphabet biasanya berukuran agak besar. Selain agar adinan tidak boros, ini juga untuk mencegah tidak matang dibagian dalam.

3. Gunakan Permukan Datar

Gunakanlah meja yang atasnya datar saat mengempiskan. Selain itu kita akan memerlukannya diproses berikutnya.

4. Gunakan Penggaris

Untuk membuat gaya huruf yang persegi, tidak bengkok atau melengkung, Anda bisa menggunakan penggaris agar kedua sisi sama panjang dan lurus. Jika tidak ada penggaris, Anda bisa menghunakan alat lain, yang penting adalah mengukur agar sama sisi dan ala tersebut berbentuk lurus layaknya penggaris.

5. Gunakan Tutup Toples

Untuk membentuk huruf yang bengkok atau melengkung, Anda bisa memanfaatkan tutup atau alat lain yang berbentuj bundar.

6. Gunakan Pisau

Jika sudah dicetak, gunakan pisau untuk memotong adonan. Ini agar hasil akhirnya terlihat rapi dan bagus.

7. Jangan Menggunakan Tangan

Jangan coba-coba membentuk donat alfhabet menggunakan tangan, sebab hasilnya akan sangat jelek. Karena saya sudah mempraktekannya, dan hasilnya sangat tidak memuaskan. Saran saya jika Anda kesulitan dalam menyediakan alat-alat diatas, coba untuk mencarinya diluar rumah. Bisa ke tetangganya mungkin untuk meminjamnya. ^_^

8. Gunakan Spatula

Ketika sudah selesai membentuk adonan, angkatlah adonan menggunakan spatula. Jangan menggunakan tangan, sebab kemungkinan rusak sangat besar. Kecuali Anda sangat berhati-hati.

9. Jangan Terlalu Lama Didiamkan

Sesudah dibentuk, adonan perlu untuk difermentasikan. Namun, dengan waktu yang cukup singkat yakni 10-15menit saja. Jika terlalu lama bentuj adonan akan melebar dan akhirnya akan seperti semuala (tidak berbentuk).

10. Gunakan Wajan Yang Cukup

Pastikan ukuran donat sesuai dengan ukuran wajan yang akan kita gunakan. Janga terlalu kecil karena kemungkinan tidak akan matang merata.


Begitulah kira-kita tips kali ini. Untuk proses menghiasnya silahkan Anda hias dengan topping favorit Anda. Atau Anda bisa membaca resep berikut :

Cara Membuat Topping Donat pisang
Cara Membuat Topping Donat Murah

Sekian untuk tips cara membuat donat huruf tanpa cetakan yang sebelumnya sudah saya praktekan dan berhasil. Selamat mencoba.

0 Response to "Tips Cara Membuat Donat Huruf Tanpa Cetakan Dengan Mudah"

Posting Komentar