Cara Membuat Donat Awet Tahan Lama, tetap empuk dan enak

Cara Membuat Donat Awet Tahan Lama - Tips ini akan menunjukkan kepada Anda bagaimana caranya agar donat awet dan tahan lama, tetap empuk dan tidak berjamur. Supaya ketika disajikan tetap memiliki rasa yang enak. Selain itu ada juga tips cara menyimpan donat untuk para penjual.


Setelah membaca beberapa email yang masuk, ternyata banyak yang menanyakan tentang tips atau trik agar donat bisa bertahan beberapa hari. Mungkin ini pertanyaan dari para pembisnis yang menjual aneka donat.

Sebetulnya setelah saya bereksperimen, kue donat bisa bertahan hingga 2 hari. Dengan syarat kita benar-benar menjaga kebersihan saat membuat adonan hingga donat sudah digoreng. Selain itu kita juga bisa menyimpannya dengan bebagai cara. Selengkapnya silahkan pahami tips agar donat yang sudah digoreng tahan dalam beberapa hari berikut :
Cara Membuat Donat Awet Tahan Lama, tetap empuk dan enak

Tips Agar Donat Awet Dan Tahan Lama

1. Gunakan Bahan Fresh / Segar

Pastikan bahan-bahan yang akan kita gunakan untuk membuat adonan masih dan dalam keadaan segar, atau jika bisa, gunakan bahan yang masih terbungkus dan belum tersentuh tangan.

2. Gunakan Peralatan Bersih

Pastikan juga peralatan yang digunakan dalam keadaan bersih higienis. Cuci dan keringkan menggunakan lap bersih untuk semua alat.

3. Tangan Dalam Keadaan Bersih

Cuci tangan sebelum menguleni adonan atau anda bisa menggunakan sarungtang ketika melakukan prosses ini. Namun jika Anda menggunakan mixer, pastikan anak mixer atau pengaduknya bersih dari sisa-sisa adonan jika sebelumnya digunakan.

4. Gunakan Sarung Tangan (HandGloves)

Jangan menyentuh donat dengan tangan telanjang, gunakan hand gloves/sarung tangan untuk memberikan topping.

5. Jangan Diberi Topping

Donat yang akan disimpan baiknya jangan diberi topping terlebih dahulu, karena satahu saya, toppinglah yang lebih cepat berjamur. Maka sebaiknya donat yang sudah diberi topping langsung dihabiskan saja.

Intinya kebersihan harus benar-benar dijaga. Kita lihat saja para pegawai JCO, mereka sangat memperhatikan kebersihan, menggunakan sarung tangan ketika mengambil donat, memakai celemek, masker dan bahkan rambutpun ditutup menggunakan topi. Itu mencerminkan bahwa mereka betu-betul menjaga kebersihan untuk produknya.

Nah, sudah cukup jelas kan ya..? Perhatikan saja inti dari tips diatas dan jangan menyepelekan hal itu. Saran saya jangan menyimpan terlalu lama, maksimal 2hari setelah donat dibuat.

Tips selanjutnya adalah cara menyimpan adonan agar awet. Agar bisa dikonsumsi ke esokan harinya. Anda bisa mencoba beberapa trik dibawah ya.

Baca Juga :


Tips Menyimpan Donat Agar Tahan Lama


  • Jika donat sudah diberi topping dan akan dikonsumsi pada hari esoknya, simpan donat dalam wadah yang kedap udara. Lalu Anda bisa menyimpannya dalam lemari es. Pastikan juga donat sudah dalam keadaan dingin. Untuk menghangatkannya Anda bisa menggunakan Microwave, tapi jangan terlalu lama. Panaskan selama 10-20 detik.
  • Lain lagi jika donat memang tidak akan dikonsumsi dihari esoknya. Anda bisa membekukan donat tersebut dalam freezer. Untuk menyajikannya lakukan seperti cara diatas yakni menggunakan Microwave selama 10-20detik. Kenapa harus dibekukan, karena pembekuan ini akan menghentikan proses "penuaan". Dengan cara ini donat bisa tahan hingga +-1bulan.


Jika Anda memang penjual donat, coba perhaitkan toko-toko donat yang sudah memiliki nama besar. Intinya jikalau memang untuk jualan, yang harus diperhatikan dan terpenting adalan tempat dan cara penyimpanan. Coba lihat tips berikut :

Tips Penyimpanan Untuk Para Penjual Donat

Cara Membuat Donat Awet Tahan Lama, tetap empuk dan enak

  • Gunakan tempat seperti etalase yang tertutup untuk memajang donat. Hal ini berfungsi untuk memberi ketahanan selama +-10 samapai 12 jam, maksud saya disini adalah donat akan tetap empuk.
  • Pasang penghangat atau pemanas seperti yang terdapat di toko donat, tapi, Andapun harus menyesuaikan dengan dengan jenis topping donat yang Anda gunakan, jangan sampai membuat topping mencair. Anda bisa menggunakan lampu khusus untuk pemanasnya.
  • Selain itu Anda juga bisa membungkus donat dengan pembungkus khusus makan. Tapi jangan disatukan ya, Bungkus satu-satu saja donatnya. Kemungkinan cara ini akan lebih bagus dari pada menyimpannya ditempat terbuka.


Selain cara dan tips yang sudah saya jelaskan di atas, sebenarnya bisa juga menggunakan pengawet makanan. Tapi saya TIDAK menyarankan untuk menggunakan cara ini..!!! Karena selain tidak baik, pengawet makanan juga ada yang jenisnya bisa merubah rasa, biasanya agak sedikit pahit setelah dikonsumsi.

Selain itu donat tidak seperti kue kering lainnya, kebanyakan para penjual donat, membuat adonan donat untuk dijual pada hari yang sama.

Baca Juga :


Itu saja tips yang baru bisa saya sarankan untuk Anda, namun jika ada tips tambahan yang mungkin Anda ketahui, silahkan tuliskan dikolom komentar.

Akan saya perbarui jika ada tips lain atau tips yang sudah tidak berfungsi dalam cara membuat donat awet tahan lama. Sekian dulu, Semoga bisa membatu dan bermanfaat.

0 Response to "Cara Membuat Donat Awet Tahan Lama, tetap empuk dan enak"

Posting Komentar