Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang

Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang - Seperti artikel beberapa waktu lalu, ini merupakan tips untuk menjawab pertanyaan yang datang dari keluarga dan juga teman-teman saya.

Nah, untuk yang merasa bertanya mengenai masalah ini, silahkan cermati baik-baik. Dan maaf saya gak langsung jawab ditempat. Sebab jika saya jawab dengan secara lisan, kemungkinan akan lupa. Betul gak? Maka dari itu, saya posting disini yang kemungkinan besar banyak yang mencari cara membuat toping donat dari coklat blok.

Sebetulnya ini merupakan bahan topping donat yang digunakan toko donat seperti JCO, Dunkin Donuts dll. Biasanya mereka menggunakan bahan dasar coklat putih yang diberi pewarna, untuk membuat toping donat aneka warna, kemudian diberi topping tambahan seperti keju, kacang, dan sebagainya.

Untuk proses pembuatannya memanga ada tips dan trik yang harus kita ketahui, agar bahan topping tidak gagal atau gosong. Bahkan terkadang ada pula yang mengalami bahan topping coklat ini tidak lembut. Nah untuk itu silahkan disimak dengan seksama, barulah Anda praktekan cara pembuatannya.

Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang

Cara Membuat Coklat Leleh Untuk Toping Donat

Saya sering menggunakan cara layaknya kita bikin tim. Berikut petunjuknya :
  1. Pertama siapkan panci dengan ukuran sedang yang diisi dengan sedikit air, jangan terlalu banyak.
  2. Selanjutnya ambil dan taruh panci dengan ukuran kecil di atas panci berisi air tadi.
  3. Anda juga bisa menggunakan piring dengan bahan keramik atau alumunium, usahakan memiliki ukuran yang pas dengan penutup panci pertama. Ini berfungai untuk mencegah uap air yang mengenai topping coklat leleh.
  4. Panaskan panci berisi air dengan api kecil dan biarkan sebentar hingha air panas, tapi tidak sampai mendidih. Jika air mendidih biasanya coklat akan cepat menggumpal dan terkadang uap akan naik dan mengenai coklatnya.
  5. Jika coklat terkena uap air kemungkinan akan menjadi tidak mulus nantinya, coklat akan terlihat seperti berkeringat.
  6. Jika coklat belum leleh merata, namun air sudah terlanjur mendidih. Anda bisa mematikan apinya lalu melanjutkan proses timnya. Jika belum meleleh juga atau agak lama, Anda bisa menyalakan kembali api dengan syarat api kecil.
  7. Bila sudah mencair, segera gunakan untuk topping.
Gimana, Sudah faham? Silahkan dipraktekan ya. Selain itu saya juga ada sidikit tips dalam proses dan penggunaan coklat yang dilelehkan, agar semakin sempurna. Silahkan baca tipsnya ya ^_^.

Tips Cara Membuat Topping Donat Dari Coklat Batang Yang Dilelehkan

Sekedar saran saja, jangan membaca sambil praktek. Akan lebih baik jika dibaca terlebih dahulu, baru dipraktekan sambil dibaca ulang. Ini agar Anda bisa fokus untuk membuat coklat lelehnya.
  • Pertama harus selalu diingat bahwa coklat yang akan kita lelehkan harus sudah dalam bentuk potongan kecil. Akan lebih baik dan juga lebih cepat jadi, coklat yang akan digunakan kita serut atau parut dengan parutan keju biasa. Sebab jika melelehkan coklat blok dalam bentuk potongan besar maka waktu yang dibutuhkan akan sangat lama dan terkadang ada bagian yang tidak leleh atau menggumpal.
  • Jangan pernah melelehkan coklat batang langsung di dalam panci atau alat yang biasa kita gunakan. Karena jika hal ini Anda lakukan, saya jamin, coklat akan cepat gosong.
  • Jika kita sedang dalam proses tim coklat, Jangan sesekali di tinggal. Coklatnya harus sering kali di aduk, ini agat coklat blok leleh secara merata dan takan ada yang menggumpal.
  • Segera gunakan coklat yang sudah dilelehkan, jika memang coklat tersebut akan kita gunakan untuk toping atau hiasan donat atau kue. Soalnya jika kita membiarkannya terlalu lama coklat akan kembaki mengeras dengan sendirinya dalam suhu ruang.
  • Jangan Menambahkan lemak apapun ketika proses melelehkan coklat, seperti margarine atau mentega dan lainnya. Walaupun hasil akhir lelehan coklat tersebut sangat bagus, akan tetapi susah mengeras, jika kita gunakan untuk toping. Beda lagi jikalau lelehan coklat akan dibuat adonan lain seperti brownies ataupun cake, itu akan jadi masalah.
  • Jika Anda mau memakai coklat hanya  sedikit atau dalam jumlah kecil. Seperti untuk hiasan corat coret di atas kue. Anda tidak perlu repot nge-tim, cukup masukkan coklat yang potong coklat kecil ke dalam kantung plastik bentuk segitiga yang biasa untuk menghias dan kemudian rendam dalam mangkuk yang diisi air panas. Tunggu beberapa saat sampai coklat mencair, Anda bisa menggunakan coklat tersebut untuk mengehiasi cake, cookies dll. Sangat praktis dan tidak repot.
  • Hal diatas juga berlaku untuk campuran kue brownies atau cake lainnya. Anda cukup memakai cara mudah saja dengab melelehkan coklat bersama margarin/mentega dalam mangkuk tahan panas lalu masukan ke microwave atau oven selama beberapa menit sampai coklat mencair.
  • Jika coklat leleh sudah digunakan dan bersisa, masukkan ke dalam kulkas agar coklat lebih cepat mengeras kembali. Akan tetapi jangan terlalu lama di dalam kulkas, karena coklat pralinenya bisa membatu dan akan sulit untuk digunakan lagi.
  • Sisa coklat blok yang belum dilelehkan jangan Anda simpan di kulkas. Biasanya inilah penyebab coklat rusak dan sulit untuk meleleh ketika kita panaskan.
  • Jika coklat leleh menjadi lembek dalam suhu ruang, Anda bisa simpan sebentar ke freezer atau kulkas dan nantinya coklat akan segera mengeras kembali.
Semoga tips diatas bisa difahami dan bisa membantu atau menjawab pertanyaan yang selama ini Anda bingungkan. Cara diatas itu untuk coklat blok biasa ya. Jika Anda mau memakai coklat warna warni, Anda bisa menggunakan coklat putih yang diberi pewarna. Namun jangan asal pilih pewarna, pilih yang basenya minyak atau oil. Kalau Anda menghunakan pewarna biasa, terkadang sulit dicampurkan. Untuk contoh pewarna dengan base oil adalah pewarna merk Wilton. Tapi harganya cukuo mahal bener. Saran saya sih, jikalau memang mau membuat toping coklat warna warni, lebih baik Anda membeli coklat yang udah berwarna. Sekarang ini sudah banyak di pasaran.

Atau Anda bisa mencoba membuat tooping donat lain seperti :


Untuk cara melelehkan coklat putih berbeda dengan coklat biasa, kita harus pakai air dengan suhu lebih rendah daripada coklat biasa. Jadi jangan terlalu panas airnya, sebab kandungan lemak coklat putih lebih banya jika dibandingkan dengan coklat biasa.

Dilain kesempatan pasti akan saya bagi tipsnya ya. Namun untuk pembahasan cara membuat toping donat dari coklat batang, saya rasa sudah cukup sudah saya utarakan semua. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang"

Posting Komentar