Cara Menghias Donat Warna Warni Dengan Coklat Leleh

Cara Menghias Donat Warna Warni Dengan Coklat Leleh - Sudah menjadi sebuah pilihan yang sangat populer dikalangan masyarakat luas. Namun, banyak sekali orang yang tak begitu mengerti dan tahu tentang proses dan cara pembuatannya.

Untuk cara melelehkan coklat memang ada tehniknya supaya mencair sempurna, tidak gosong dan juga tidak menggumpal. Tipsnya sudah saya tulis diartikel sebelumnya, silahkan anda pelajari. Nah, sekarang saya akan membahas tehnik menghias donat dengan coklat leleh seperti yang banyak disajikan oleh toko atau penjual donat terkenal.

Kita akan menggunakan dua macam bahan yang mudah untuk kita cari, yaitu coklat putih blok dan pewarna makanan berbasis oil. Maka dari itu silahka Anda siapkan bahan tersebut. Untuk pembuatannya sudah saya jelaskan diartkel Cara Membuat Toping Donat Dari Coklat Batang. Sesudah itu silahkan Anda ikuti tips berikut.

Cara Menghias Donat Warna Warni Dengan Coklat Leleh

Tips Dan Cara Menghias Donat Warna Warni

Dikala kue donat yang kita buat sudah diproses dan matang, selanjutnya adalah memberikan toping atau biasa disebut proses akhir yakni menghias donat.

Dalam proses ini Anda dapat menghias dengan beragam toping yang bisa Anda sessuaikan dengan jenis topping favorit Anda sendiri. Bisa dengan coklat cair, gula halus, keju, kacang, meises, dan aneka glazur lainnya. Akan tetapi khusus untuk kali ini, saya tuliskan tips bagi Anda yang ingin menggunakan coklat leleh sebagai toping. Seperti apa tipsnya? Silahkan disimak ya..!

1. Donat Harus Dingin
Anda harus memastikan jika donat yang akan dihias sudah keadaan dingin atau setidaknya hangat kuku. Sebab jika masih panas, coklat leleh akan susah untuk diatur.

2. Pilih Bagian Yang Tidak Mulus
Biasanya ada saja donat yang baru kita buat memiliki bagian yang kurang mulus. Nah, disini Anda harus memilah bagian mana yang akan dijadikan sebagai bagian atas dari kue donat. Saran saya jangan memilih yang mulus untuk bagian atas, ini untuk menyembunyikan bagian yang kurang mulus dengan menutupinya menggunakan toping.

3. Celup Atau Siram Coklat
Celup atau siram donat menggunakan coklat warna yang sudah dibuat sebelumnya, lalu letakkan dalam sebuah loyang datar atau rak. Tunggulah hingga coklat leleh jadi setengah beku. Jika Anda mau memakai metode siram, alasi donat menggunakan loyang dahulu agar cokelat tidak belepotan.

4. Hiasi Donat
Donat yang telah diberi coklat leleh dan sudah setengah beku. Lanjutkan dengan menghiasi donat dengan berbagai toping pilihan, bisa dengan sprinkles, kacang, keju, coretan coklat warna berbeda dan lain sebagainya.

Nah, ke-empat poin diatas merupakan teknik atau tips dasar untuk menghias kue donat menghunakan coklat cair. Untuk Anda yang ingin membuat donat karakter kartun, silahakan simak konten berikutnya.

Cara Membuat Donat Karakter Kartun Dan Hewan

Selain menggunakan cokelat blok sebagai bahan dasar coklat cair untuk menhias donat, Anda bisa menggantinya dengan jenis coklat bubuk. Karena harganya lebih terjangkau dan proses melelehkannya tidak begitu sulit. Nanti akan saya tulis tipsnya.

Jika ada masukan lain dari para pembaca ResepDonat.Info silahkan masukan  ke dalam kolom komentar.  Nantinya akan saya masukan ke dalam artikel ini, untuk membagikannya kepada pembaca lain agar lebih bermanfaat.

Itulah tips cara menghias donat warna warni dengan coklat leleh yang sering saya praktekan untuk mempercantik kue donat dirumah. Semoga tips ini bisa jadi inspirasi untuk Anda semua. Selamat mencoba.

0 Response to "Cara Menghias Donat Warna Warni Dengan Coklat Leleh"

Posting Komentar